Kamis, 19 Maret 2015

CUSTOMER ENGGAGEMENT

Didekat kantor saya barangkali ada lebih dari selusin penjual gado-gado, tapi favorit saya selalu ya punyanya pak heru, awalnya saya tidak peduli mau beli dimana aja paling rasanya ya sama aja, sampai suatu hari staf saya dikantor mulai mendongeng soal mas heru.

Cerita staf saya - "gado-gado mas heru paling laris, sering kali harus ngantri saking banyaknya yg mau beli" penasaran saya pun bertanya apa sebabnya bisa rame? staf saya mulai promosi, dengan lugas ia bilang, mas Heru orangnya resik, gerobak gado-gadonya paling bersih, dan lebih asli karena ada parenya, jagungnya juga manis daaaan kalo mao beli setengah porsi juga boleh.

Dari cerita diatas saya analisa ada lebih dari 5 hal yang pokok, pertama mas Heru langganannya banyak, kedua- mas Heru paham akan nilai kualitas, ketiga-mas Heru cukup inovatif utk menyediakan sayur pare dan jagung manis sehingga gado-gadonya dinilai lebih asli, keempat- boleh pesen 1/2 porsi. tapi yang paling luarbiasa adalah yg kelima-mas Heru bisa memotivasistaf saya untuk menjadi duta besar produk gado-gadonya, dan mempromosikan gado-gadonya kesiapa saja, termasuk saya.

Dalam ilmu pemasaran jaman kini kita boleh menyimpulkan bahwa mas Heru telah berhasil menciptakan sebuah proses Costumer Enggagement yg sangat berhasil dan efektif.

Usaha mas Heru boleh aja sederhana, hanya jualan gado-gado, tapi prestasinya menjadi yang paling laris dan paling banyak langganan diantara selusin penjual gado-gado lainnya , merupakan sebuah prestasi tersendiri, kelihatannya sih gampang tapiiiii butuh ketekunan yang luar biasa. disinilah rahasia customer enggagement yang sesungguhnya, sebuah strategi yg sangat sederhana namun ampuh untuk memenangkan persaingan.

_________________-

Di Jogja ada Bu Cip penjual soto daging di jalan S.Parman didekat taman sari, warung soto Bu Cip sangat kecil, tidak seperti pesaingnya yang memiliki tempat yg lebih besar. Tapi buat saya tetap warung Bu Cip yang paling favorit, karena Bu Cip punya tradisi unik, ia hampir selalu ingat langganannya.

Jadi setiap kali berkunjung kewarungnya, beliau selalu saja menyapa dengan intim dan selalu ingat dengan kita. entah itu bakat yang luar biasa atau karena beliau punya kedisiplinan untuk mengingat para pelanggannya.

yang saya rasakan adalah tradisi Bu Cip menyapa saya dengan akrab dan intim membuat saya merasa penting, seolah saya adalah pelanggan penting Bu Cip, hal ini rasanya membanggakan sekali.

Ini sebuah sentuhan tersendiri, sebuah customer enggagement yang berhasil dan manjur, karena menbuat saya menjadi pelanggan setia, customer enggagement yang berhasil memang biasa menciptakan loyalitas.

Kalau 20 tahun yang lalu pelayanan adalah salah satu komponen terpenting, kini pendapat itu bergeser, komponen yang terpenting saat ini adalah pelanggan. jadi bagaimana kita bisa menciptakan sebuah bisnis atau usaha dengan pelanggan sebagai fokusnya.

Itulah sebabnya tantangan kita tidak lagi hanya melayani, tetapi menciptakan sebuah sistem interaksi yang disebut "enggagement". mulaidari mengenal konsumen, membuat konsumen menjadi langganan, menciptakan sistem pelayanan terbaik dan memotivasi langganan Anda ikut juga menjadi duta besar yang mempromosikan bisnis Anda...sistem terpadu inilah yang disebut dengan Customer Enggagement.

mari kita ciptakan customer enggagement di proses usaha kita..

sukses untuk kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar